Pages

Labels

Februari 07, 2013

Semoga Itu Yang Terbaik


Dikisahkan, ada seorang raja yang pemarah. Ia memiliki seorang perdana menteri yang shalih dan setiap kali sang raja marah ia akan berkata, “Semoga itu yang terbaik.”


Dan pada suatu hari jari sang raja terpotong, sang raja pun sangat marah tetapi ia mendapati perdana menterinya yang shalih itu tersenyum dan berkata, “Semoga itu yang terbaik.” Sang Raja yang matanya sudah dipenuhi dengan api kemarahan pun bertanya, “ Kebaikan apa yang bisa didapatkan?” dan ia menyuruh agar perdana menterinya itu dipenjara. Maka sang Perdana Menteri yang tak pernah lepas dari senyum itu pun hanya berkata, “Semoga itu yang terbaik.”

Hari-hari berlalu. Sang Raja keluar untuk memancing dan tanpa ia sadari ia telah keluar dari batas kerajaannya. Akhirnya ia bertemu sekelompok kanibal. Mereka mengelilingi raja tersebut, menangkapnya dan memenjarakannya sampai beberapa lama. Setelah beberapa lama, sekelompok kanibal itu mengeluarkannya dan menyiapkannya untuk dijadikan korban bagi salah satu tuhan-tuhan mereka. Kemudian salah satu dari mereka menemukan bahwa jari (calon) korban mereka terpotong.  Maka mereka pun meninggalkan sang raja.

Ketika sang raja kembali ke kerajaannya, ia teringat perkataan perdana menterinya,”Semoga itu yang terbaik”. Maka ia menyuruh agar perdana menteri itu dibebaskan  dan ia menceritakan apa yang terjadi. kemudian ia berkata, “ Tapi ketika aku menyuruh agar kau dipenjara, aku mendengar kau berkata, ‘Semoga itu yang terbaik.’ Maka kebaikan apa yang bisa didapat di dalamnya???”

Perdana menteri itu pun menjawab dengan senyumannya yang biasa, “Andaikan aku tidak kau penjarakan, tentulah aku yang menjadi penggantimu sebagai korban. Maka penjara lebih baik untukku….. semua itu yang terbaik.


Terjemahan by : Ummu Hudzaifah

2 komentar:

  1. Semoga kita menjadi hamba yang selalu berhusnudzon dengan apa yg terjadi pada kita...walau itu berat diterima hati...

    BalasHapus
  2. yah.. karena kita tak pernah tau dengan pasti apa hikmah dibalik itu semua..

    BalasHapus

 

Translate

Total Pengunjung

Profil

Hanya seorang hamba yang dhaif yang selalu berusaha mencapai jati diri hakiki sebagai seorang muslimah.. wakafaa billaahi hasiyba ..