Pages

Labels

Februari 13, 2013

Manfaat Buah Zaitun..

Zaitun, salah satu buah yang banyak disebutkan dalam Al-Qur'an. Salah satunya , "Demi pohon tin dan zaitun."( QS.At-Tiin:1) juga dalam firmanNya di surah An-Nur:35, "Dinyalakan (dengan minyak) dari sebuah pohon yang diberkahi, (yaitu) zaitun yang tidak tumbuh di sebelah timurnya dan tidak pula di sebelah baratnya, hampir-hampir minyaknya saja menerangi walaupun tidak disentuh api."

Tidaklah buah ini disebutkan dalam Al-Qur'an kecuali ia punya manfaat yang banyak. Para ulama juga banyak menyebutkan keutamaan minyak zaitun dari sisi gizi dan pengobatan, diantaranya Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Ath-Thib An-Nabawiyah. 



Nah, berikut diantara keunggulan minyak zaitun untuk pengobatan:

Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Berbagai riset membuktikan bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kadar kolesterol yang bermanfaat. Minyak zaitun mengurangi resiko penyumbatan (Trombosis) dan penebalan (Arterioskeloris) pembuluh darah.
Nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah dan selanjutnya mengurangi penebalan pembuluh nadi jantung.

Minyak Zaitun Menrunkan Resiko Kematian
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999 M, menunjukkan bahwa negeri paling miskin di Eropa, Albania, yang berpenduduk muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di sana. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari 100.000 orang, separuh dari keadaan di Britania. Hal itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam konsumsi masyarakat Albania.

Minyak Zaitun Mengurangi Serangan Kanker
Para peneliti menyebutkan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak , disamping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan dan kol.

Minyak Zaitun Mencegah Kanker
Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis ia berkata, "Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, diantaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim."

Minyak Zaitun dan Kanker Payudara
Sebuah studi yang dipublikasikan di bulan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 orang wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengkonsumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengkonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Sebuah studi yang yang dipublikasikan dalam majalah Archives of Internal Medicine edisi 1998 M menegaskan bahwa pengkonsumsian satu sendok  minyak zaitu setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45%.

Minyak Zaitun dan Kanker Rahim
Majalah kanker di Britania mempublikasikan di bulan Mei 1996 M sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 orang wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara para wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan para wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka menurun sampai 26%.

Minyak Zaitun dan Kanker Lambung
Sejumlah studi ilmiah  modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung . Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini.

Minyak Zaitun dan Kanker Colon
Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.

Minyak Zaitun Membunuh Kutu Kepala
Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi Amerika tentang kutu kepala, menujukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu kepala, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

Dan masih banyak lagi manfaat buah zaitun yang lainnya.


1 komentar:

  1. wa \h ternyata banyak sekali manfaat dari buah zaitun, makasih ya sob udah bagi bagi informasi nya.

    BalasHapus

 

Translate

Total Pengunjung

Profil

Hanya seorang hamba yang dhaif yang selalu berusaha mencapai jati diri hakiki sebagai seorang muslimah.. wakafaa billaahi hasiyba ..